Catat! Ide Bisnis Untuk Anak Muda

By. Eka Sari - 27 Sep 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Di zaman sekarang ini mencari pekerjaan menjadi hal yang cukup sulit. Banyak anak muda yang masih berusaha dan belum mendapatkan pekerjaan. Sebagai alternatif dari sulitnya untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, banyak anak muda yang mencoba melakukan bisnis untuk mendapatkan penghasilan. Minat anak muda untuk menjadi seorang pebisnis pun kini kian tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari munculnya banyak pebisnis usaha baru yang bergerak diberbagai bidang.

Hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi digital yang memudahkan pengusaha baru untuk memperkenalkan produk mereka sehingga kesempatan untuk sukses terbuka lebih lebar. Kira-kira apa saja ide bisnis yang cocok untuk anak muda Gen Z dan Milenial yang menguntungkan tahun ini? Berikut adalah beberapa ide bisnis yang cocok untuk anak muda:

Baca juga: 8 Tantangan Dalam Memulai Bisnis Kecap

1. Thrift Shop

Thrift shop merupakan bentuk usah bisnis yng menjual berbagai macam produk bekas dalam maupun luar negeri yang masih dalam kondisi baik dan layak pakai. Thrift shop menjadi peluang bisnis yang patut dicoba karena bisnis ini tidak membutuhkan modal yang  terlalu besar dan minat pembeli yang cukup tinggi. Namun, untuk menarik minat banyak pembeli, kamu perlu mencari produk yang bagus dan menawarkan harga yang pas. Produk thrift shop dijual dengan harga yang berbeda-beda tergantung kondisi produknya.

2. Warung Kopi (Kedai Kopi)

Warung kopi atau kedai kopi menjadi bisnis yang cukup ramai dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi karena semakin banyak anak muda yang ingin nongkrong di berbagai tempat dan menjadikan kafe atau kedai kopi sebagai  tempat nongkrong.

Bisnis ini dapat menghasilkan untung yang cukup menggiurkan dan menjadi salah satu bisnis yang paling diminati oleh anak muda. Kamu dapat membuka kedai kopi kecil-kecilan dengan menyediakan fasilitas wifi gratis, tempat yang nyaman, serta menu makanan dan minuman yang enak dan dengan harga terjangkau.

3. Dropshipper

Dropshipper adalah salah satu ide bisnis anak muda yang sedang tren belakangan ini berkat maraknya jual beli online. Kamu hanya bertugas untuk mempromosikan dan menjualkan barang sementara stok dan pengiriman menjadi tanggung jawab supplier.

Umumnya harga dropship lebih murah dibandingkan pembeli biasa. Menjadi dropshipper sangatlah mudah karena hampir tidak membutuhkan modal barang atau alat. Namun untuk lebih sukses, kamu perlu memahami sistem dan mempelajari strategi dropshipping yang tepat.

Baca juga: Menarik! Prospek Bisnis Makanan Masih Menjadi Peluang Usaha

4. Jasa Perawatan dan Penitipan Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing yang lucu dan menggemaskan merupakan salah satu cara efektif untuk self healing terbaik di kalangan anak muda. Pemiliknya tidak segan-segan mengeluarkan banyak uang untuk makanan dan perawatan hewan peliharaannya.

Selain perawatan, membuka jasa penitipan dimana pemilik dapat meningglkan hewan peliharaannya untuk sementara. Bisnis ini menjanjikan untuk dicoba karena kamu bisa memulainya dengan modal kecil dari rumah.

5. Bisnis Kuliner Unik

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya, namun akan sulit bersaing apabila kamu menjual produk yang biasa-biasa saja. Oleh karena itu, kamu perlu menciptakan produk yang unik sehingga dapat bersaing di pasaran.

Hobi memasak bisa dijadikan peluang bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan yang cukup banyak. Salah satunya bisnis makanan yang sering muncul saat ini adalah kue. Muffin dan kue kering merupakan makanan yang disukai banyak orang. Apalagi menyimpan kue di rumah, terutama di hari-hari istimewa atau penting, sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang.

Memulai bisnis kuliner tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Kamu bisa memulai bisnis kue dengan usaha kecil-kecilan di rumah dan toko online dengan menggunakan teknologi komunikasi. Bisnis kue yang dikelola dengan baik bisa berkembang dan menjadi bisnis yang menjanjikan.

6. Laundry

Laundry kini telah menjadi salah satu bisnis yang layak diperhitungkan dan memberikan keuntungan yang menjanjikan. Apalagi jika kamu tinggal di kota besar yang banyak pelajar dan pegawainya yang jarang mencuci pakaian sendiri.

Untuk memulai usaha laundry membutuhkan modal yang besar, Pendiri usaha laundry juga harus menyiapkan mesin cuci yang berkualitas untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Selain itu, memulai bisnis laundry juga memerlukan strategi pemasaran yang baik dan unik agar dapat menarik minat masyarakat. Strategi pemasaran ini dapat diterapkan pada lingkungan bisnis laundry dengan cara menyebarkan brosur penawaran menarik. Laundry dengan pelayanan yang baik dan lokasi yang strategis  menghasilkan banyak keuntungan.

Baca juga: Pedasnya Peluang Usaha Bisnis Saus Sambal

Nah, dari beberapa ide usaha tersebut menurutmu jenis usaha apa yang cocok untuk kamu coba? Jika kamu sudah mantap, maka selanjutnya kamu wajib melakukan riset pasar dan merencakan strategi bisnis dengan matang sebelum memulai.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp