Intip 9 Ide Bisnis Tren 2023

By. Eka Sari - 03 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.com - Mencari ide bisnis 2023 dengan peluang keuntungan yang menjanjikan memang tidak boleh sembarangan. Dalam memulai bisnis di zaman sekarang, sangat bergantung pada banyak faktor, termasuk tren ekonomi saat ini, kemampuan dalam melihat peluang bisnis yang menguntungkan, perubahan dalam perilaku konsumen, teknologi yang berkembang pesat, inovasi, dan banyak faktor lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk membuat perencanaan dan memilih ide bisnis terbaru yang menguntungkan. Simak pembahasan berikut ini yang akan seputar ide bisnis terbaru yang bisa menghasilkan keuntungan di tahun 2023:

Baca juga: Potensi Perikanan, Konsumsi Ikan dan Peran Pemerintah

1. Bisnis Franchise

Bagi kamu yang menginginkan bisnis sendiri tetapi takut untuk memulai dari awal, kamu bisa memilih bisnis franchise!

Franchise adalah sistem bisnis dimana kamu membeli hak milik berupa merek dagang, lisensi dan lain-lain untuk pemilik franchisor (franchise owner). Bisnis ini bisa apa saja mulai dari franchise makanan dan minuman, bisnis jasa, jasa keuangan, retail dan masih banyak lagi.

2. Jastip (Jasa Titip)

Ide bisnis selanjutnya yang patut dicoba adalah menjual merchandise tertentu. Karena setiap event seperti K-Pop atau hal yang disukai banyak orang atau bahkan olahraga tertentu biasanya memiliki merchandise.

Hanya sedikit orang yang ingin mengambilnya, tetapi jarak menghalangi mereka dan mereka tidak tahu harus membelinya di mana. Kamu bisa membuka Jastip alias jasa titip bagi yang menginginkan merchandise atau barang namun jarak atau hal lain menghalangi.

3. Bisnis Reseller

Kamu bisa mencoba bisnis reseller dengan menjual produk dari penjual lain dan menjualnya ke konsumen. Bisnis retail lebih menguntungkan bagi mereka yang baru mencoba memulai bisnis, karena resiko kerugian bisa diminimalisir dan bisa dimulai dengan modal kecil. Dan kelebihan lainnya yaitu kamu bisa menjual lebih dari satu produk dalam satu toko.

4. Layanan Berbasis Keahlian

Menjual jasa kepada orang lain adalah hal yang menarik hari ini. Misalnya seperti desain grafis, penulisan konten, periklanan atau pemrograman, Hanya dengan keahlian ini kamu bisa memulai bisnis modal kecil. Kamu harus membuat akun Marketplace untuk menjual jasa kamu dan kamu dapat mempertimbangkan untuk menjadi freelancer atau membuka agensi yang menawarkan layanan ini.

Baca juga: 4 Manfaat Kecap Untuk Kesehatan, Sumber Natrium yang Baik

5. Thrift Shop

Bisnis thrift shop atau bisnis yang menjual pakaian dan aksesoris bekas merupakan peluang bisnis yang tidak boleh dilewatkan. Keuntungan yang bisa didapat dari bisnis barang bekas cukup menjanjikan jika digarap secara serius dan konsisten.

Cara memulainya sangat mudah yaitu membuat akun penjualan di media sosial, pemasok terpercaya, gambar produk yang menarik dan berjualan di pasar.

6. Warung Kopi (Kedai Kopi)

Warung kopi atau kedai kopi menjadi bisnis yang cukup ramai dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi karena semakin banyak anak muda yang ingin nongkrong di berbagai tempat dan menjadikan kafe atau kedai kopi sebagai  tempat nongkrong.

Bisnis ini dapat menghasilkan untung yang cukup menggiurkan dan menjadi salah satu bisnis yang paling diminati oleh anak muda. Kamu dapat membuka kedai kopi kecil-kecilan dengan menyediakan fasilitas wifi gratis, tempat yang nyaman, serta menu makanan dan minuman yang enak dan dengan harga terjangkau.

7. Dropshipper

Dropshipper adalah salah satu ide bisnis anak muda yang sedang tren belakangan ini berkat maraknya jual beli online. Kamu hanya bertugas untuk mempromosikan dan menjualkan barang sementara stok dan pengiriman menjadi tanggung jawab supplier.

Umumnya harga dropship lebih murah dibandingkan pembeli biasa. Menjadi dropshipper sangatlah mudah karena asyar tidak membutuhkan modal barang atau alat. Namun untuk lebih sukses, kamu perlu memahami sistem dan mempelajari strategi dropshipping yang tepat.

8. Laundry

Laundry kini telah menjadi salah satu bisnis yang layak diperhitungkan dan memberikan keuntungan yang menjanjikan. Apalagi jika kamu tinggal di kota besar yang banyak pelajar dan pegawainya yang jarang mencuci pakaian sendiri.

Untuk memulai usaha laundry membutuhkan modal yang besar, Pendiri usaha laundry juga harus menyiapkan mesin cuci yang berkualitas untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Selain itu, memulai bisnis laundry juga memerlukan strategi pemasaran yang baik dan unik agar dapat menarik minat asyarakat. Strategi pemasaran ini dapat diterapkan pada lingkungan bisnis laundry dengan cara menyebarkan brosur penawaran menarik. Laundry dengan pelayanan yang baik dan lokasi yang strategis  menghasilkan banyak keuntungan.

Nah, dari beberapa ide usaha tersebut menurutmu jenis usaha apa yang cocok untuk kamu coba? Jika kamu sudah mantap, maka selanjutnya kamu wajib melakukan riset pasar dan merencakan strategi bisnis dengan matang sebelum memulai.

9. Makanan dan Minuman

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Oleh karena itu, membuka usaha di bidang FnB (Food and Beverage) bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan. Apalagi di tahun 2023, bisnis makanan dan minuman atau FnB masih menjadi ide bisnis dengan peluang yang menjanjikan. Bisnis di bidang ini masih terus mengalami perkembangan yang dengan berbagai inovasi dan kreasi.

Hal lain yang membuat bisnis ini memiliki peluang keuntungan yang besar yaitu konsumen yang akan terus ada sepanjang waktu. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba memulai bisnis makanan dan minuman di tahun 2023 ini. Untuk memulai bisnis ini, agar bisnismu berkembang intinya adalah kamu harus peka terhadap tren dan peluang terkini yang ada tepat di depan mata kamu.

Baca juga: Agar Bisnis Kecap Tetap Manis, Apa Yang Harus Dilakukan?

Penting untuk melakukan riset pasar dan perencanaan bisnis yang matang sebelum memulai bisnis baru. Selalu pertimbangkan minat kamu, keahlian, dan modal yang tersedia sebelum memilih peluang bisnis tertentu. Juga, perhatikan perkembangan ekonomi dan tren di tahun 2023 untuk memahami bagaimana mereka dapat memengaruhi bisnis yang akan kamu jalankan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp