Budidaya Maggot: Hadirkan Untung Besar

By. Eka Sari - 10 Oct 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Larva atau belatung sering kali dianggap sebagai makhluk yang menjijikkan dan sangat menggelikan. Anggapan tersebut tidak salah, mengingat belatung atau belatung sering ditemukan pada makanan yang membusuk. Namun lain halnya dengan larva lalat hitam yang disebut maggot.

Namun tidak untuk yang satu ini, Maggot (Hermetia illucens) merupakan larva sejenis lalat (BSF) yang berasal dari benua Amerika kemudian menyebar ke wilayah subtropis dan tropis di dunia. Lalat BSF banyak ditemukan pada limbah kelapa sawit. Larva Hermetia illucens mempunyai kandungan protein mencapai 45-50% dan kandungan lemak 24-30%, sehingga dapat dijadikan sebagai sumber nilai gizi yang tinggi. Selama siklus hidupnya, Hermetia illucens tidak masuk langsung ke dalam makanan yang dimakan manusia.

Baca juga: 7 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Penyakit

Peluang bisnis maggot (ulat atau larva dari lalat) merupakan bagian dari industri yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Maggot memiliki banyak potensi aplikasi, terutama dalam bidang pertanian, limbah organik, dan industri pakan ternak. Berikut adalah beberapa peluang bisnis yang bisa kamu coba terkait dengan maggot:

  1. Pakan Ternak

Maggot dapat digunakan sebagai sumber protein tinggi dalam pakan ternak, seperti ayam, ikan, dan babi. Bisnis ini menguntungkan karena maggot merupakan sumber protein yang murah dan efisien

  1. Pengelolaan Limbah Organik

Sampah merupakan permasalahan yang selalu mengganggu lingkungan. Salah satu upaya untuk mengurangi sampah organik dapat dilakukan melalui pemanfaatan bahan pengurai, termasuk larva. Kamu dapat memulai bisnis pengolahan limbah organik dengan menggunakan maggot. Maggot dapat mencerna limbah organik, seperti sisa makanan, limbah pertanian, dan lainnya, menjadi pupa yang bernilai tinggi sebagai pakan ternak atau pupa lainnya.

Dibutuhkan setidaknya 1 kg larva per jam untuk mengurai 15-20 kg sampah organik. Sampah organik yang tidak terurai masih dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Pupuk organik ini kemudian bisa dijadikan sumber pendapatan.

Baca juga: Beras Hitam: Peluang Bisnis Olahan dan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

  1. Sumber Protein Bagi Ikan dan Unggas

Larva jenis ini merupakan pakan alternatif yang memenuhi kebutuhan sumber protein. Larva BSF dapat dijadikan pakan alternatif karena mudah dipelihara dan memiliki kandungan protein yang tinggi. Larva dapat dijadikan pilihan makanan utama ikan dan unggas sebagai pengganti pelet atau cacing. Larva ini biasanya dijual dalam bentuk kering atau basah.

  1. Pertanian

Dalam pertanian, maggot bisa digunakan sebagai pupa penyerbuk yang membantu dalam penyerbukan tanaman. Bisnis ini bisa menguntungkan karena dapat meningkatkan hasil panen tanaman.

  1. Produksi Pupuk Organik

Maggot juga dapat digunakan untuk memproduksi pupuk organik kaya nutrisi. Bisnis ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan karena meningkatnya permintaan akan pupuk organik.

  1. Penelitian dan Pengembangan

Maggot memiliki potensi dalam berbagai riset dan pengembangan di bidang bioteknologi dan farmasi. Bisnis ini mungkin memerlukan tingkat spesialisasi yang lebih tinggi.

Baca juga: Mengenal 7 Makanan Sehat Untuk Memelihara Kesehatan Jantung

Penting untuk melakukan penelitian pasar yang teliti dan memahami regulasi yang berlaku sebelum memulai bisnis maggot. Selain itu, perhatikan faktor-faktor seperti teknologi pemeliharaan, kebersihan, dan manajemen produksi yang baik untuk menjaga kualitas maggot yang dihasilkan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp