Laporan Perubahan Modal: Pengertian dan Manfaat

By. Aditya Reyhan Yafi W. - 16 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnis rakyat.id - Laporan keuangan merupakan hal penting bagi pemangku kepentingan dalam memahami kinerja keuangan Perusahaan. Salah satu unsur pentingnya dalam laporan keuangan di akuntansi adalah laporan perubahan modal.

Laporan ini mencerminkan tentang bagaimana perubahan modal dari pemilik bisnis selama periode waktu tertentu. Laporan perubahan modal mengungkapkan perubahan ekuitas pemilik suatu usaha selama periode waktu tertentu, yang biasanya mencakup satu tahun fiskal.

Tujuan utama laporan ini untuk mengungkapkan perubahan ekuitas yang mungkin disebabkan oleh berbagai transaksi dan peristiwa, serta memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai posisi keuangan Perusahaan.

Baca juga: Pengertian dan Metode Kas Kecil (Petty Cash)

Pada laporan perubahan modal ini melacak perubahan ekuitas, termasuk laba, kontribusi pemilik, dividen, dan perubahan lainnya.

Adapun komponen utama dalam laporan posisi keuangan, diantaranya:

1. Modal Awal: merupakan modal pemilik yang dimiliki oleh Perusahaan pada awal periode. Modal ini dapat berasal dari kontribusi pemilik, laba ditahan dari periode sebelumnya, atau pos yang lain.

2. Laba/Rugi Bersih: mencerminkan perubahan modal sebagai akibat dari laba atau rugi yang dihasilkan oleh Perusahaan selama periode berjalan. Laba bersih adalah selisih antara pendapatan total dan biaya total.

3. Kontribusi Pemilik: Jika pemilik menyuntikkan dana tambahan ke Perusahaan selama periode, kontribusi akan dicatat sebagai peningkatan modal pemilik dalam laporan ini.

4. Pembagian Dividen: Perusahaan membayar dividen kepada pemegang saham, jumlah dividen tersebut akan mengurangi modal pemilik.

5. Perubahan Lainnya: Dimana mencakup perubahan modal pemilik yang tidak dapat diatribusikan kepada laba, kontribusi pemilik, atau dividen. Missal, perubahan nilai pasar aset yang diukur ulang.

6. Modal Akhir: Merupakan jumlah modal pemilik yang dimiliki oleh Perusahaan pada akhir periode, yang menggambarkan akumulasi perubahan sepanjang periode tersebut.

Baca juga: Berikut adalah Standar Akuntansi Keuangan dan Prinsip Dasarnya

Pentingnya Laporan Perubahan Modal

Laporan ini memiliki manfaat yang diantaranya:

1. Transparansi: Laporan ini memberikan pemahaman yang baik tentang bagaimana modal pemilik berubah-ubah dari waktu ke waktu. Hal ini membantu pemegang saham dan pihak berkepentingan lainnya untuk melihat perkembangan keuangan Perusahaan.

2. Pemantauan Kinerja: laporan ini membantu dalam memonitori kinerja perusahaan dan melacak Perusahaan apakah menghasilkan laba atau rugi selama periode tertentu.

3. Keputusan Investasi: Investor menggunakan laporan ini untuk menilai perusahaan apakah dengan berinvestasi di perusahaan ini akan berpotensi. Serta membantu mengukur stabilitas dan pertumbuhan perusahaan.

4. Kebijakan Dividen: Para manajemen perusahaan menggunakan laporan perubahan modal untuk mengevaluasi berapa banyak dividen yang dapat dibayarkan kepada pemegang saham tanpa mengganggu kesehatan keuangan.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang perubahan modal, pemangku kepentingan seperti pemegang saham, investor, dan manajemen dalam mengelola modal perusahaan, dan membuat keputusan investasi yang lebih cermat serta lebih baik dalam memantau kinerja perusahaan.

Baca juga: Inilah Bidang-Bidang di Akuntansi




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp