Tren Makanan Pedas, Intip Peluang Usaha dari Cabai

By. Eka Sari - 16 Oct 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Saat ini semakin banyak ide bisnis olahan cabai, tidak hanya sambal saja. Sebab cabai juga bisa diolah menjadi beberapa olahan yang memberikan rasa pedas yang nikmat. Meski cabai memiliki rasa yang pedas, namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena cabai mengandung banyak vitamin dan mineral dan banyak karbohidrat, protein dan sedikit lemak. Cabai bermanfaat untuk meredakan nyeri yang berupa obat toles atau krim yang dapat membantu mengatasi nyeri dan cedera sendi.

Baca juga: Cabai: Fakta Menarik dan Kandungan Nutrisi

Cabai dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena cabai mampu membakar lemak dan mengurangi energi lebih cepat. Dapat juga menunjang pencernaan, terutama lambung. Cabai juga dapat menjaga gula darah dan memberikan efek positif pada diabetes tipe 1 serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Memperlancar pernafasan, mencegah kanker dan baik untuk kesehatan mata. 

Nah untuk itu banyak sekali ide yang bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menarik, apalagi cabai banyak diminati di berbagai makanan. Berikut beberapa peluang bisnis yang mungkin melibatkan cabai:

1. Saus sambal

Sambal merupakan salah satu ide usaha pengolahan cabai yang mempunyai potensi dan hasil yang sangat tinggi. Ini karena semakin banyak orang yang menikmati makanan berkuah. Nah, hal ini dapat menjadi alasan untuk menjadikan saus sambal sebagai pelengkap makanan dimulai dari bakso, mie ayam, siomay dan masih banyak lagi. Namun dengan banyaknya masyarakat yang membuat sambal palsu di pasaran, masyarakat kini lebih berhati-hati dalam memilih sambal.

2.  Abon Cabai

Kalau biasanya abon dari sapi, ayam, ikan dan lain-lain, kini hadir abon cabai yang unik. Abon cabai kini menawarkan rasa pedas. Makanan ini juga menarik bila dijadikan sebagai ide bisnis pengolahan cabai. Salah satu merk cabai terkenal di Indonesia yang juga sangat populer adalah Bon Cabe. Abon cabai ini digunakan sebagai pengganti sambal dan tentunya menambah pedasnya masakan. Abon cabai juga praktis dibawa kemana-mana dan bisa menjadi lauk  saat perjalanan jauh.

3. Gochujang

Gochujang adalah pasta cabai yang biasa ditemukan pada makanan Korea. Gochujang terbuat dari beras ketan, bubuk cabai, dan pasta kedelai yang difermentasi. Gochujang adalah bumbu penting dalam masakan Korea. rasanya agak manis, meski warnanya sangat merah. Pasta ini juga bisa dimakan sambil makan hoedeopbap. Cabai ini biasanya dikemas dalam toples kaca atau kantong plastik stand-up. Meski demam K-wave masih panas di Indonesia, tidak ada salahnya mendirikan perusahaan cabai yang menjual gochujang.

Baca juga: Cabai: 9 Manfaat Untuk Kesehatan Apabila di Konsumsi

4. Manisan Cabai

Manisan cabai merupakan suguhan yang bahan utamanya adalah cabai. Cobalah cabai manis ini untuk menikmati rasa pedas bercampur manisnya. Kalau ditambah gula, manisan sambal ini sungguh menggelitik lidah. Dalam suguhan yang sama, dapat menikmati rasa manis pedas dari cabai dan gula. Jajanan unik ini bisa dijadikan ide bisnis pengolahan sambal.

5. Cabai Digoreng dengan Tepung

Kalau biasanya cumi goreng tepung atau ayam goreng tepung, kini ada inovasi olahan sambal yakni sambal goreng tepung yang bisa dinikmati. Pecinta makanan pedas pasti ingin mencicipi cita rasa jajanan sambal. Cabai ini digoreng dengan tepung kering dan memiliki rasa yang renyah. Sensasi asin, pedas, dan renyah pada masakan ini akan membuat pecintanya ketagihan. Meskipun bahan utamanya menggunakan cabai, biasanya yang digunakan adalah cabai tanpa biji atau cabai besar.

6. Sirup Cabai

Pernahkan membayangkan meminum minuman pedas? Jika belum, rasakan sensasi dari sirup cabai yang bisa jadi ide bisnis olahan cabai yang menjanjikan. Sirup ini terbuat dari bahan dasar cabai dan jahe. Namun tidak perlu khawatir dengan rasanya karena sirup ini meninggalkan sisa rasa yang manis. Pasalnya, di dalamnya terdapat campuran stroberi yang sengaja diberikan untuk mengurangi rasa pedasnya. 

Baca juga: Ingin Belanja Sayur dan Bahan Pokok Secara Online? Cek Tipsnya Disini

7. Chili Oil

Ide bisnis cabai selanjutnya adalah chili oil. Masyarakat Tionghoa biasanya menggunakan cabai sebagai bumbu. Minyak sayur dimurnikan menjadi bumbu dari minyak sayur yang telah ditambahkan cabai. Beberapa jenis minyak dan cabai digunakan. Olahan minyak sambal ini biasanya disajikan dengan dimsum, bebek panggang yang sudah berhasil dimuntahkan. Aromanya menarik dan menarik karena mengandung rempah-rempah.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp