Temulawak: 5 Khasiat Untuk Kesehatan

By. Eka Sari - 19 Oct 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza) merupakan ramuan khas Indonesia yang bentuknya menyerupai kunyit, yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional Indonesia selama bertahun-tahun karena mengandung senyawa yang menyehatkan. Ramuan ini memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan dan dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi temulawak.

Baca juga: 5 Olahan dari Tahu Ini, Bisa Dijadikan Bisnis

1. Meningkatkan Kerja Saluran Pencernaan

Tanaman ini merangsang produksi empedu, yang membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Konsumsi rutin ramuan ini dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti kembung, dan dispepsia.  Selain itu, rempah ini juga bermanfaat meredakan kolitis ulserativa. Ini adalah peradangan yang terjadi di usus besar (kolon) dan rektum Penyebabnya adalah pertumbuhan luka atau benjolan (tukak).Tanaman herbal ini sering digunakan dalam pengobatan Ayurveda. Sebagai penyembuhan masalah pencernaan.

2. Anti Kanker

Curcuma Xanthorrhiza memiliki kemampuan untuk mencegah, mengendalikan atau membunuh beberapa jenis kanker. Ini termasuk kanker payudara, leher dan prostat. Ia bekerja dengan cara mencegah pertumbuhan pembuluh darah yang menjadi pupuk bagi sel kanker.  Selain itu, ada penelitian menunjukkan bahwa pengobatan  dengan 0,1 persen ekstrak Curcuma xanthorrhiza dapat menurunkan rata-rata jumlah  tumor.  Hasil tersebut menunjukkan bahwa ekstrak metanol Curcuma xanthorrhiza mempunyai potensi kemopreventif atau antikanker. Pada saat yang sama, efek pencegahannya disebabkan oleh efek antioksidannya. Kandungan ini melindungi sel dari serangan kanker akibat mutasi sel yang tidak normal.

3. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Baca juga: Mengeruk Untung Dengan 10 Menu Street Food Ini! Jarang Ada di Indonesia

Manfaat lainnya adalah membantu meningkatkan fungsi ginjal normal. Ia bekerja dengan memaksimalkan fungsi organ tubuh dengan menyaring darah dari racun dan limbah metabolisme tubuh. 

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh dan Mengatasi Mual

Kandungan pati dan tumerol pada temu lawak dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan kandungan piridoksin atau vitamin B6 dapat meredakan mual di pagi hari bagi ibu hamil. Namun, sebaiknya perlu didiskusikan lebih lanjut dengan dokter kandungan untuk menghindari efek samping. 

5. Sebagai Antioksidan

Antioksidan berperan penting dalam mencegah oksidasi dan radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Keuntungannya adalah Anda bisa terhindar dari kanker payudara, demensia, dan penyakit jantung.  Selain untuk kesehatan tubuh, banyak orang yang memanfaatkan tanaman herbal ini untuk menjaga kecantikannya.

Baca juga: Cuan Sehat dengan 7 Ide Bisnis Olahan Tempe

Meski menawarkan berbagai manfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat, perlu juga mengetahui apa saja efek samping dari dari temulawak untuk beberapa kondisi khusus. Supaya terhindar dari efek samping tersebut, pastikan mengonsumsi temulawak dalam jumlah dan takaran yang tepat. Tak hanya itu, sesuaikan pula konsumsinya dengan kondisi atau masalah kesehatan yang kamu alami.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp