Kenali 5 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

By. Eka Sari - 20 Oct 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Lengkuas sering digunakan sebagai bumbu masakan khas Indonesia dan Asia. Selain untuk meningkatkan cita rasa makanan, lengkuas juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sehingga lengkuas juga sering digunakan sebagai bahan obat tradisional. 

Khasiat lengkuas sebagai obat tradisional memang tidak bisa dipungkiri karena rempah ini diketahui banyak mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan seperti galangin, asam fenonat, polifenol, dan flavonoid. Inilah beberapa manfaat dari lengkuas

Baca juga: Temulawak: 5 Khasiat Untuk Kesehatan

1. Meredakan Nyeri Sendi

Lengkuas dipercaya dapat meredakan nyeri sendi pada kondisi seperti osteoartritis atau rheumatoid arthritis. Seperti halnya jahe dan kunyit, lengkuas juga mengandung senyawa kimia anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan penyebab nyeri sendi. 

2. Meningkatkan Kesuburan Pria

Mengonsumsi lengkuas juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria. Sebuah penelitian selama tiga bulan pada pria dengan kualitas sperma buruk menemukan bahwa suplemen yang mengandung lengkuas dapat meningkatkan kualitas sperma. Namun dalam penelitian ini mereka tidak hanya menggunakan lengkuas saja, melainkan juga bahan lain yakni buah delima. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat lengkuas.

3. Menurunkan Gula Darah Dan Kolesterol

Baca juga: Peluang Usaha: Olahan Kedelai Hitam yang Kaya Nutrisi

Mengonsumsi lengkuas juga dipercaya dapat mencegah diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Manfaat tersebut bisa didapat berkat kandungan antioksidan polifenol yang mampu menurunkan gula darah dan kolesterol jahat dalam tubuh. 

4. Membunuh Dan Mencegah Berkembangnya Virus Dan Bakteri

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan galangin pada lengkuas mampu mencegah berkembangnya virus corona. Selain itu, ekstrak lengkuas juga disebut-sebut memiliki sifat antimikroba yang terbukti dapat membunuh berbagai bakteri penyebab penyakit. Namun beragam manfaat lengkuas juga perlu ditelaah lebih jauh.

5. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Lengkuas dipercaya dapat membantu mengobati dan mencegah penyebaran sel kanker seperti kanker usus besar, kanker serviks, dan kanker payudara. Tentunya masih diperlukan lebih banyak bukti dan penelitian mengenai manfaat lengkuas ini. 

Baca juga: Mengintip Manfaat Kesehatan Dari Malika, Si Kedelai Hitam

Lengkuas memiliki rasa yang sedikit pedas, namun tidak sepedas jahe. Untuk mendapatkan beragam manfaat lengkuas, dapat menambahkan bumbu ini ke dalam makanan, membuatnya menjadi teh dengan cara dimasak, atau mencampurkannya ke dalam ramuan herbal. Meski bisa dijadikan obat tradisional untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit, namun sebaiknya jangan hanya mengandalkan lengkuas untuk mengobati suatu penyakit tanpa berkonsultasi dengan dokter.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp