10 Ide Bisnis Rumahan Ini, Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

By. Eka Sari - 22 Oct 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Ada banyak alasan mengapa perempuan tidak mau bekerja di kantor. Misalnya karena mereka lebih memilih fokus mengurus keluarga, atau karena terpaksa harus mengasuh anak secara full-time akibat mahalnya biaya penitipan dan layanan pengasuh anak. Faktanya, banyak dari mereka yang masih ingin bekerja dan mencari penghasilan.

Baca juga: Laris Manis! Dengan 9 Ide Bisnis Kuliner Khas Jawa Barat

Tenang saja, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang ide bisnis rumahan yang cocok bagi ibu rumah tangga untuk mencari cuan dan tentunya bisa mengasuh anak dan suami. Apakah kamu tertarik dengan bisnis ini? Yuk simak ulasan selanjutnya.

1. Layanan Acara Khusus

Layanan acara khusus mencakup kegiatan di luar rumah. Artinya harus mengunjungi lokasi pelanggan. Jenis usaha yang ditawarkan bisa berupa jasa dekorasi untuk acara-acara khusus seperti ulang tahun, lamaran, pernikahan dan acara lainnya. Selain itu juga tersedia dekorasi kotak kado, dekorasi kotak kado, perencanaan pernikahan atau jasa konsultasi acara tertentu.

2. Pelayanan rumah tangga

Jenis usaha ini meliputi kegiatan baik di dalam maupun di luar rumah. Jenis usaha yang bisa ditawarkan adalah jasa desain eksterior dan interior, jasa pembersihan sprei, tirai, karpet dan permadani. Kemungkinan pendapatan dari jasa desain eksterior dan interior cukup beragam, karena dasar perhitungannya adalah luas lahan/bangunan yang direncanakan.

3. Layanan Pribadi

Perusahaan jasa pribadi mencakup pekerjaan rumah tangga dan juga dapat dilakukan di tempat pelanggan. Jenis usaha yang bisa ditawarkan adalah jasa konsultasi personal/bisnis dan jasa pelatihan. Selain itu, usaha lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuka usaha salon kecantikan.

4. Pelayanan Kesehatan

Baca juga: Tips Memilih Bisnis Rumahan, Cocok Bagi Ibu Rumah Tangga

Usaha layanan medis dan/atau kesehatan kepada pelanggan dapat diberikan dari rumah atau di rumah pelanggan. Jenis usaha yang ditawarkan bisa berupa jasa konsultasi manajemen berat badan.

5. Layanan Personalisasi

Jika kamu memiliki kemampuan dalam menjahit, kamu bisa mencoba bisa membuka jasa menjahit, layanan jenis ini biasanya bisa dilakukan di rumah. Hal ini dikarenakan klien/pelanggan mengunjungi lokasi.

6. Layanan Untuk Hewan Peliharaan

Bisnis jasa hewan peliharaan jenis ini bisa dijalankan dari rumah. Kamu bisa menawarkan layanan perawatan hewan peliharaan. Jasa ini biasanya dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin hewan peliharaannya dirawat dengan baik, namun tidak memiliki waktu atau keahlian. Di Indonesia, sobat wirausaha harus mendapatkan izin usaha dari gubernur atau walikota untuk membuka usaha. Jika tidak, akan dikenakan sanksi administratif berupa teguran tertulis, denda, penghentian sementara kegiatan usaha, bahkan pencabutan izin. 

7. Bisnis Kerajinan

Bisnis kerajinan meliputi bisnis kain tenun, pengukiran, furniture rumah tangga, kartu ucapan DIY, dan kerajinan DIY lainnya. Jika kamu menjual kerajinan secara eceran, maka memerlukan penjualan tatap muka dengan pelanggan. Namun, sebagian besar pengrajin mulai menjual kerajinan mereka di kios, acara pertunjukan kerajinan, bazar, festival, toko di rumah pribadi, dan secara online melalui marketplace.

Baca juga: Supermarket: 5 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dibeli

8. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah bisnis yang paling banyak diminati oleh para wanita. Bisnis kuliner dapat berupa bisnis katering, jasa pengiriman/pengantaran makanan, atau bisnis aneka kue dengan menggunakan resep keluarga.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp