Untung Banyak dengan Budidaya Kunyit

By. Eka Sari - 23 Oct 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Kunyit termasuk salah satu jenis tanaman rempah yang jumlahnya sangat banyak di indonesia dan bahan baku obat alami asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman yang berasal dari akar-akaran ini memiliki khasiat yang besar. Dalam hal kesehatan peran kunyit memang sangat besar, dimana berbagai jenis penyakit dapat disembuhkan dengan kunyit.

Baca juga: Tantangan yang Harus Dihadapi Saat Memulai Bisnis Olahan Kedelai

Karena manfaatnya yang cukup besar serta permintaan banyak, budidaya kunyit pun mampu mendatangkan omzet hingga puluhan juta rupiah sebulan. Peluang usaha budidaya kunyit memang tidak boleh dipandang sebelah mata. Dimana budidaya kunyit ini sangat menguntungkan dimana banyak yang membutuhkan tanaman ini. Saat ini banyak pabrik besar baik pabrik obat hingga kecantikan yang membutuhkan pasokan kunyit dalam jumlah besar.

Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman dengan nama latin Curcuma domestica ini tumbuh subur dan liar di sekitar hutan/bekas kebun. Di daerah Jawa, kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal dan menyembuhkan kesemutan.

Budidaya kunyit dapat menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan. Jika kamu tertarik Simak tips berikut untuk memulai bisnis budidaya tanaman kunyit:

1. Memulai Bisnis Budidaya Kunyit

Pertanian toga merupakan bisnis yang tidak pernah ada matinya. Budidaya kunyit juga merupakan bisnis yang menguntungkan. Memulai budidaya kunyit tidaklah sulit, karena dapat dengan mudah memulainya dengan modal kecil dan bisa juga memulai budidaya kunyit di halaman belakang rumah.

2. Pelaku Bisnis dan Konsumen

Baca juga: Temulawak: 5 Khasiat Untuk Kesehatan

Budidaya kunyit bisa dibudidayakan semua orang dan konsumen tanaman kunyit pun cukup banyak mulai dari konsumsi rumah tangga hingga berbagai kuliner maupun rumah produksi makanan ataupun minuman herbal. Berbagai produk kecantikan juga membutuhkan kunyit.

3. Peralatan yang digunakan Dalam Budidaya Kunyit

Budidaya kunyit memerlukan beberapa peralatan penting antara lain pemanen kunyit, timbangan, pompa air, hand sprayer, pengadaan bibit kunyit, cangkul, gerobak dorong, sewa tanah, parang dan arit, ember, selang air dan gunting. Budidaya kunyit bisa maksimal dengan peralatan tersebut.

4. Pemasaran

Untuk pasaran kunyit juga terbilang mudah, karena banyak usaha yang membutuhkan bahan dasar ini. Jadi jika akan menjual hasil budidaya kunyit yang kamu tanam bisa memasarkannya dengan cara menjual ke pasar dan pabrik besar atau juga bisa mengekspor produk kunyit ke luar negeri. 

Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan dari Kunyit

5. Keuntungan Budidaya Kunyit

Jika kamu tertarik dengan peluang budidaya kunyit ini, banyak keuntungan yang dapat kamu dapatkan. Karena kunyit merupakan bahan penting yang paling banyak diminati.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp