Untung Deras Dengan Bisnis Olahan Jagung

By. Eka Sari - 24 Oct 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Jagung merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dimanfaatkan di Indonesia, terlebih lagi sebagai salah satu santapan pokok sumber karbohidrat. Tidak hanya dikonsumsi oleh manusia, jagung pula kerap dimanfaatkan guna pakan ternak.

Jagung ialah komoditas tumbuhan pangan yang cukup potensial, pemasaran produk jagung umumnya melibatkan sekuruh lapisan pedagang dari mulai pedagang di pedesaan sampai pengepul atau pemborong. Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan peluang bisnis olahan jagung, yang bisa dibuat kreasi dan tentunya bisa mempertebal isi dompet. Kalau yang tidak suka proses menanamnya, kesempatam berjualan produk olahannya. Simak informasinya berikut ini.

Baca juga: Mengenal 5 Fakta Menarik dari Jagung

1. Jasuke (Jagung Susu Keju)

Kamu boleh coba bikin olahan jagung ditambah dengan keju dan susu yang lezatnya bikin nagih, rasa jasuke yang manis dan nikmat ini memang jadi favorit dari berbagai kalangan. Gak salah pilih lagi kalau kamu mau bisnis jasuke ini.

2. Perkedel Jagung

Gak hanya mempunyai rasa manis saja, olahan prekedel jagung ini punya cita rasa yang gurih dan lezat. Cocok kalau dijadikan lauk dengan nasi. Jadi, buat yang pengin membuat olahan ini untuk bisnis, kamu bisa buka pesanan, atau dengan menjualnya ke teman-teman kamu.

3. Es Krim Jagung

Kalau olahan yang satu ini pasti hampir menjadi favorit dari berbagai kalangan. Selain rasanya yang manis, es krim jagung ini juga cocok diminum saat matahari terik dan dijamin bikin tenggorokan segar, apalagi disaat cuaca lagi panas-panasnya seperti sekarang ini. Buat kamu yang pengin bisnis es krim jagung ini, kamu bisa menerima pesanan atau menjual di tempat yang sekiranya berpeluang laku dijual, contohnya di sekolah, pasar, atau depan rumah.

4. Pudding Jagung

Rasanya yang pasti dari puding jagung ini yaitu manis, kenyal, dan lezat. Apalagi ditambah penyajiannya yang dingin pasti dijamin segar banget. Buat kamu yang pengin berbisnis pudding jagung ini, caranya juga sama seperti yang di atas. Kamu bisa membuka pesanan atau menitipkan di tempat yang menjual jajanan pagi atau sore.

5. Es Jagung Hawai

Mungkin banyak orang yang belum tahu, apa itu es jagung hawai. Hanya kota tertentu saja yang sudah mengenalnya, seperti Kota Medan dan Batam. Hal itu karena di kota tersebut banyak pedagang yang menjajakan es jagung hawai tersebut. Nah, buat kamu yang pengin berbisnis makanan, boleh cobain nih bisnis es jagung hawai. Tentu rasanya yang manis, nikmat, dan menyegarkan, dijamin bikin ketagihan.

Baca juga: Kenali 4 Jenis dan Karakteristik Jagung di Indonesia

6. Lepet Jagung

Olahan tradisional dari jagung ini juga gak kalah enaknya lho, yap benar lepet jagung. Rasanya yang manis, dan bau khas dari jagung itu sendiri membuat lepet jagung ini banyak digemari para jagung lovers. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan membuka pesanan atau menitipkannya di warung-warung tetangga.

7. Sirup Jagung

Sirup jagung tinggi fruktosa digunakan dalam industri makanan dan minuman. Memproduksi sirup jagung dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.

8. Dodol Jagung

Kamu juga bisa memulai kreasi bisnis olahan jagung menjadi dodol. Sudah pasti, rasanya yang manis, kenyal, lezat, legitnya nampol. Bisnis dodol jagung dapat menjadi kreasi baru dan menjadi salah satu bisnis menjajikan yang bisa dimulai dengan skala rumah tangga. Dengan menggunakan peralatan seadanya kamu sudah dapat menjalankan bisnis ini.

Sebelum memulai bisnis olahan jagung, penting untuk melakukan riset pasar yang menyeluruh, menyusun rencana bisnis, mempertimbangkan izin dan regulasi yang berlaku, serta memahami persaingan di pasar. Dengan perencanaan yang matang, bisnis olahan jagung dapat menjadi peluang yang menguntungkan.

9. Esquites

Esquites adalah sebutan jajanan kaki lima asal Meksiko yang mirip dengan jajanan jasuke di Indonesia. Bahan dasarnya merupakan jagung manis yang dimasak dan disajikan menggunakan wadah kecil terbuat dari kulit jagung.

Baca juga: 8 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Sebagai penyedap rasa tambahan, esquites biasa diberi bubuk cabai, perasan jeruk nipis, hingga parutan keju di atasnya.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp