Intip 9 Ide Bisnis Olahan Jagung Ala Korea

By. Eka Sari - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Selain padi dan gandum, bahan pangan penghasil sumber karbohidrat yang kerap dikonsumsi adalah jagung. Pemilik nama ilmiah Zea mays ini pun dapat diolah menjadi beragam kreasi masakan. Olahan jagung dapat dijadikan beberapa jenis makanan dan dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Cek 8 Bisnis Makanan Ini, Jika Ingin Produkmu Laris Manis

Mengingat anak muda sekarang lagi hedon dengan kuliner Korea Selatan, maka tak heran jika banyak jenis makanan Korea yang laris jika dijadikan bisnis. Simak Yuk! Kuliner Ala Korea Selatan dari olahan jagung.

1. Konchijeu

Konchijeu alias Korean corn cheese merupakan paduan unik dari kuliner ala Amerika-Korea. Sesuai namanya, hidangan ini memang berbahan baku jagung dan keju serta bahan-bahan pelengkap seperti mayones, sosis, bawang bombai, bahkan paprika.

2. Oksusu-Ppang

Secara etimologi, oksusu-ppang berasal dari dua kata yakni oksusu (jagung) dan ppang (roti). Dengan kata lain, oksusu-ppang merupakan roti jagung (cornbread). Teksturnya seperti sponge cake dan bisa dikreasikan ke dalam berbagai bentuk.

3. Oksusu-Cha

Oksusu-cha berbahan baku berupa biji jagung. Biji jagung tersebut mulanya dikeringkan kemudian dipanggang hingga kecokelatan. Tisane (minuman yang tak diolah dari tanaman teh) alias teh herbal yang satu ini menyuguhkan cita rasa manis yang ringan.

Walaupun termasuk jenis teh yang ringan, namun sensasi segarnya tetap terasa. Tak hanya itu, oksusu-cha juga khas dengan aroma berasap (smokey)

4. Oksusu-Jeon

Dalam kuliner Korea, jeon merujuk pada hidangan panekuk. Oleh sebab itu, oksusu-jeon juga disebut sebagai corn pancake.

Sebagaimana jeon pada umumnya, oksusu-jeon pun umumnya disantap sebagai kudapan ataupun makanan pendamping (side dish) alias banchan. Oksusu-jeon memiliki tekstur krispi dan warna kuning khas jagung.

Baca juga: Tepung Sagu: Kandungan Gizi dan Manfaat Kesehatan

5. Oksusu-Juk

Kata juk dalam kuliner Korea merujuk pada jenis hidangan bubur. Ada beragam variasi juk sesuai bahan bakunya. Salah satunya adalah oksusu-juk yang merupakan bubur jagung alias corn porridge.

6. Tteokbokki Jagung

Kamu bisa menggabungkan unsur Korea dan jagung dengan menciptakan variasi dari hidangan tteokbokki, yaitu hidangan pedas berbahan dasar beras ketan, tetapi dengan tambahan jagung. Ini bisa menjadi camilan atau hidangan utama yang menarik.

7. Korean Corn Dogs

Corn dog adalah makanan yang sangat populer di Korea. Kamu bisa membuat variasi unik dengan menggunakan jagung sebagai lapisan luar. Ini adalah makanan jajanan yang laris di berbagai festival makanan.

8. Jagung Manis Korea

Jagung manis yang dibalut dengan berbagai rasa adalah camilan yang populer di Korea. Kamu bisa menciptakan bisnis yang fokus pada produk-produk jagung manis dengan berbagai topping dan saus ala Korea.

Baca juga: Ingin Bisnis Makanan Laris? Simak Strategi Pemasaran Berikut Ini

9. Tteok (Kue Beras) Jagung

Tteok adalah kue beras yang sering digunakan dalam hidangan Korea. Kamu dapat membuat variasi tteok dengan tambahan jagung untuk memberikan sentuhan unik pada hidangan tersebut.

Nah, itu dia ide bisni olahan jagung ala kore. Jadi apakah kamu berminat?




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp