Ide Bisnis Dengan Tongkol Jagung, Bisa Mendatangkan Untung Melimpah

By. Eka Sari - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Hampir semua bahan produksi pasti akan menghasilkan limbah, tidak terkecuali jagung. Jagung adalah salah satu bahan makanan yang sangat potensial untuk dijadikan bahan produksi berbagai makanan. Biji jagung sering kita manfaatkan baik sebagai pakan ternak maupun bahan olahan makanan. Lalu, limbah bonggol jagung, apakah bisa dimanfaatkan dan untuk apa?

Baca juga: Cek 8 Bisnis Makanan Ini, Jika Ingin Produkmu Laris Manis

Tongkol jagung atau biasanya orang menyebutnya bonggol / janggel jagung akan menjadi limbah yang berbahaya untuk lingkungan jika tidak ada penanganan secara tepat. Tapi jika tongkol jagung dimanfaatkan dengan baik, akan menjadi tongkol jagung yang bernilai guna.

Jagung sebagai hasil pertanian ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya, dari biji, daun, kulit jagung hingga tongkol jagung, hebat bukan?

Nah, dalam artikel kali ini, akan dibahaas apa saja produk yang dihasilkan dari limbah jagung ini dan tentunya hal ini akan menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat. Simak yuk! Beberapa produk berikut ini.

1. Pakan Ternak

Pengolahan tongkol jagung menjadi pakan ternak pertama kali dikembangkan di Jepang, dimana digunakan sebagai pakan ternak sapi, kambing dan unggas. Bagian tongkol jagung yang digunakan untuk pakan ternak merupakan tepung yang dibuat dengan cara menggiling tongkol/tongkol jagung kering. Tepung kering ini disebut concobuo dan mengandung berbagai zat seperti asam amino, protein, karbohidrat kompleks dan mineral. Zat yang terkandung dalam tepung kering atau konbu sangat penting untuk memperlancar penyerapan nutrisi pencernaan hewan. 

2. Bahan Kuliner

Di Inggris, tongkol jagung digunakan sebagai sumber kuliner dengan cara digiling. Hasil proses penggilingan kemudian direndam dalam air dingin selama beberapa jam dan akan mendapatkan pati yang mengendap. Karena dihasilkan dari tongkol jagung manis, maka rasanya pun manis dan segar. Pati ini baik untuk membuat campuran kue, es krim, dan puding.

Baca juga: Tepung Sagu: Kandungan Gizi dan Manfaat Kesehatan

3. Pengganti Bahan Plastik

Tongkol jagung dapat diolah sebagai bahan plastik karena mengandung senyawa selulosa yang dapat mengikat bahan kimia plastik dengan baik. Jika ide ini berkembang dan berhasil maka akan sangat baik karena bahan plastik yang diperoleh dari tongkol jagung ramah lingkungan dan menggantikan bahan selulosa plastik yang sangat berbahaya.

4. Kerajinan Tongkol Jagung

Kerajinan berbahan tongkol jagung memang sangat unik dan menarik. Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya kreatif manusia. Misalnya, kerajinan yang dihasilkan dari tongkol jagung ada lampu hias, hiasan dinding, lampu tempat duduk, dan lain sebagainya. Prosesnya yang rumit dan membutuhkan keahlian khusus menjadi salah satu alasan mengapa kerajinan tongkol jagung tidak murah.

5. Bahan Bakar

Biasanya para petani jagung memanfaatkan tongkol jagung sebagai kayu bakar. Hal ini lebih ekonomis dan dapat menurunkan kebutuhan energi seperti minyak tanah atau gas. Ini adalah pemanfaatan ulang tongkol jagung yang paling populer di masyarakat. Tongkol jagung hanya perlu dikeringkan terlebih dahulu sehingga dengan mudah itu akan terbakar dan menghasilkan api yang cukup banyak untuk memasak di tungku-tungku para petani. 

Baca juga: Ingin Bisnis Makanan Laris? Simak Strategi Pemasaran Berikut Ini

Faktanya, limbah dari tongkol jagung masih memiliki banyak manfaat  karena mengandung berbagai unsur kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan untuk berbagai manfaat. Nah, bagaimana menurutmu? Apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis dengan memanfaatkan limbah jagung?




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp