Street Food: 10 Faktor yang Mempengaruhi Bisnis Street Food Selalu di Minati

By. Eka Sari - 26 Oct 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Dengan pertumbuhan kelas menengah dan pertumbuhan ekonomi yang pesat, Indonesia adalah tempat yang tepat untuk memulai bisnis kuliner street food, apalagi ragam kuliner Nusantara tidak penah sepi selalu banyak peminatnya. Nah, dalam artikel kali ini, akan dibahas apa saja sih faktor yang mempengaruhi bisnis kuliner street food di Indonesia tidak pernah sepi. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi menguntungkannya bisnis street food. 

Baca juga: Takut Gagal Bisnis Kuliner Sistem Street Food? Cek Ini Anti Gagal

1. Permintaan Yang Tinggi

Street food merupakan makanan praktis dan murah yang diminati banyak orang. Di Indonesia, permintaan terhadap street food sangat tinggi karena negara ini memiliki ragam masakan Nusantara yang tentunya menggugah selera.

2. Biaya Produksi Rendah

Bisnis street food biasanya membutuhkan biaya produksi yang lebih rendah dibandingkan dengan bisnis makanan di restoran atau kafe. Hal ini membuat peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

3. Fleksibilitas Dalam Penjualan

Bisnis street food memiliki kerutan dalam hal penjualan, misalnya bisa dijual di tempat yang berbeda setiap hari atau setiap minggu. Hal ini memungkinkan penjual untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

4. Inovasi Dalam Menu Masakan

Baca juga: Ingin Bisnis Makanan Laris? Simak Strategi Pemasaran Berikut Ini

Peluang untuk inovasi dalam menu atau pengolahan makanan lebih besar karena bisnis street food biasanya tidak terikat pada menu yang sama setiap hari. Hal ini dapat menarik minat pelanggan yang lebih luas.

5. Lokasi Yang Strategis

Lokasi adalah segalanya dalam bisnis street food. Memilih lokasi dengan lalu lintas pejalan kaki yang tinggi dan dekat dengan bisnis lain dapat membantu menarik lebih banyak pelanggan.

6. Kualitas Produk Yang Baik

Menyajikan hidangan lezat dan berkualitas tinggi dapat membuat pelanggan kembali lagi. Hal ini dapat membantu membangun basis pelanggan setia.

7. Pemasaran Yang Efektif

Dengan menciptakan merek untuk bisnis street food yang kamu kelola dan mempromosikannya melalui iklan dan dari mulut ke mulut, kamu dapat menarik lebih banyak pelanggan.

8. Pelayanan Pelanggan Yang Baik

Memberikan pelayanan pelanggan yang baik dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

9. Kontrol Porsi Yang Baik

Mengontrol porsi makanan dapat membantu mengurangi pemborosan dan meningkatkan efisiensi dalam bisnis street food.

Baca juga: Mau Memulai Bisnis Street Food? Cari Tips Untuk Memulainya di Sini

10. Harga Yang Kompetitif

Pasanglah harga makanan dengan harga yang layak untuk jajanan pinggir jalan pada umumnya. Harga yang terlalu tinggi dapat membuat pelanggan enggan membeli.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp