10 Cara Memulai Bisnis Franchise, Sangat Mudah

By. Eka Sari - 27 Oct 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Bisnis franchise adalah bentuk kerja sama usaha antara pemilik merek dagang, produk, atau sistem operasional dengan pihak kedua yang berhak mendapatkan izin untuk pemakaian merek, produk, serta sistem operasional tersebut dalam menjalankan sebuah usaha. Dalam bisnis ini, pemilik bisnis franchise (franchisor) memberikan izin dan hak penjualan terhadap bisnis yang dimilikinya, meliputi merek dagang, produk, serta sistem operasional yang telah dibentuk. Sedangkan pihak kedua yang mendapatkan izin tersebut disebut franchisee.

Baca juga: Mau Memulai Bisnis Street Food? Cari Tips Untuk Memulainya di Sini

Berikut adalah beberapa cara memulai bisnis waralaba:

1. Sebelum memulai bisnis franchise, penting untuk mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari bisnis tersebut

2. Sebelum memulai bisnis franchise, lakukan riset pasar untuk mengetahui potensi bisnis franchise di lokasi yang akan dijalankan

3. Bisnis waralaba memerlukan biaya awal yang cukup besar, termasuk biaya royalti, sewa tempat, dan biaya operasional lainnya

4. Pilih bisnis waralaba yang sesuai dengan minat dan keahlian yang kamu miliki, serta memiliki potensi pasar yang besar

5. Bentuk badan usaha yang tepat dapat membantu melindungi aset pribadi dan memudahkan pengelolaan bisnis.

6. Sebelum memulai bisnis franchise, pastikan untuk memeriksa perjanjian bisnis franchise dengan cermat dan memahami hak dan kewajiban kamu sebagai franchisee.

7. Pilih lokasi yang strategis dengan lalu lintas pejalan kaki yang tinggi dan dekat dengan bisnis lain untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Baca juga: Street Food: 10 Faktor yang Mempengaruhi Bisnis Street Food Selalu di Minati

8. Pelatihan dan pengembangan dapat membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam menjalankan bisnis franchise.

9. Buat rencana bisnis yang jelas dan terperinci untuk membantu mengelola bisnis franchise dengan lebih efektif.

10. Lakukan pemasaran yang efektif untuk menarik pelanggan baru dan memperluas jangkauan bisnis franchise.

Dalam memulai bisnis franchise, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti potensi pasar, biaya, lokasi, dan perjanjian bisnis franchise. Dengan melakukan riset pasar dan membuat rencana bisnis yang jelas, serta melakukan pemasaran yang efektif, bisnis franchise dapat menjadi sukses dan menguntungkan.

Bisnis franchise adalah bentuk kerja sama usaha antara pemilik merek dagang, produk, atau sistem operasional dengan pihak kedua yang berhak mendapatkan izin untuk pemakaian merek, produk, serta sistem operasional tersebut dalam menjalankan sebuah usaha. Dalam bisnis ini, pemilik bisnis waralaba (franchisor) memberikan izin dan hak penjualan terhadap bisnis yang dimilikinya, meliputi merek dagang, produk, serta sistem operasional yang telah dibentuk. Sedangkan pihak kedua yang mendapatkan izin tersebut disebut franchisee. 

Baca juga: Takut Gagal Bisnis Kuliner Sistem Street Food? Cek Ini Anti Gagal

Bisnis, bisnis franchise, bentuk kerja sama, pemiliki, merek dagang, produk, system operasional, pihak kedua, izin, pemakaian merek, usaha, franchisor, hak penjualan, kewjiban penjualan, merek dagang, produk, serta sistem operasional, keuntungan, kerugian, riset pasar, lokasi, biaya awal, biaya royalty, potensi pasar, melindungi, asset pribadi, pengelolaan bisnis, bisnis menarik, pelanggan, keterampilan, pengetahuan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp