Belum Banyak Yang Tahu, Ternyata Rambut Jagung Banyak Manfaatnya

By. Eka Sari - 27 Oct 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Rambut jagung adalah serat mirip benang yang terdapat di bagian atas tongkol jagung. Meski tidak umum dikonsumsi, tetapi rambut jagung digunakan oleh beberapa orang sebagai antioksidan, anti-inflamasi, dan obat herbal untuk beberapa kondisi. Sebagai obat herbal, rambut jagung telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional China dan penduduk asli Amerika. Meskipun sering kali dibuang saat jagung dibersihkan untuk dikonsumsi, rambut jagung ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Ide Bisnis Dengan Tongkol Jagung, Bisa Mendatangkan Untung Melimpah

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi rambut jagung:

1. Sifat Anti Inflamasi, Rambut jagung mengandung senyawa yang memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh

2. Menurunkan Tekanan Darah, Rambut jagung memiliki sifat diuretik yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan membuang kelebihan air dan garam dari tubuh

3. Mengelola Diabetes, Rambut jagung dapat membantu mengelola diabetes dengan mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit ginjal yang berhubungan dengan diabetes

4. Mengurangi Kolesterol, Rambut jagung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. 

Baca juga: Mengenal 5 Fakta Menarik dari Jagung

5. Mencegah Infeksi Saluran Kemih, Rambut jagung dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih dengan mengurangi peradangan dan melawan bakteri.

6. Kaya Akan Antioksidan, Rambut jagung kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi terhadap penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

7. Sumber Serat, Rambut jagung mengandung serat yang penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit, memperlancar proses pencernaan, dan menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, serah dalam rambut jagung juga mendukung pertumbuhan bakteri sehat dalam usus, yang dapat berkontribusi pada kesehatan sistem pencernaan.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun rambut jagung secara umum aman dikonsumsi dan dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, bukti ilmiah yang mendukung manfaatnya bagi manusia masih terbatas. Selain itu, mereka yang memiliki riwayat alergi terhadap jagung atau produknya sebaiknya menghindari konsumsi rambut jagung karena dapat menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal dan ruam.

Baca juga: Peran Komoditas Jagung dan Perekonomian Indonesia

Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi rambut jagung dalam bentuk suplemen atau teh herbal untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp