Mengintip Untung Dari 5 Ide Bisnis Olahan Sorgum

By. Eka Sari - 31 Oct 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Sorgum yang merupakan sumber pangan bergizi juga menghadirkan berbagai peluang usaha.

Mengingat banyaknya manfaat sorgum dan didukung dengan kebijakan pemerintah, maka bisnis sorgum memiliki potensi yang besar. Selain itu, bisnis sorgum sendiri jarang memiliki pesaing. Ingin tahu apa saja ide bisnis sorgum? 

Baca juga: 8 Manfaat Kesehatan Sorgum, Alternatif Pengganti Beras dan Gandum

1. Salad Sorgum

Dibandingkan beras atau gandum, sorgum nampaknya lebih serbaguna dan dapat diolah menjadi makanan lain. Salad sorgum merupakan menu sehat pertama yang bisa menjadi ide bisnis.  Makanan sehat yang satu ini kerap menjadi pilihan, terutama bagi orang yang sedang diet.  Menambahkan sorgum, tomat, ceri, alpukat, dan sayuran lainnya bisa memberikan pengalaman baru dalam menyantap salad.

2. Nasi Goreng Sorgum

Nasi goreng, sajian ini menjadi favorit masyarakat Indonesia. Apa yang kamu bayangkan saat mendengar nasi goreng sorgum?  Nasi goreng sorgum merupakan salah satu produk olahan sorgum yang dapat menjadi peluang usaha. Uniknya, nasi goreng ini tidak menggunakan nasi sama sekali, melainkan menggunakan sorgum. Jika kamu ingin menjual menu makanan yang nyentrik, sorgum goreng ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Kue

Baca juga: Sorgum: 8 Fakta Menarik Alternatif Pengganti Beras

Seperti halnya gandum, sorgum dapat menjadi bahan pembuatan kue kering yang manis dan mengenyangkan. Berbagai macam kue kering ini tentu bisa menjadi peluang bisnis sorgum yang menjanjikan.  Menariknya, rasa netral dari sorgum tidak mempengaruhi rasa dari cookies itu sendiri. Jadi kue kamu akan tetap terasa enak!

4. Risotto

Pernahkah kamu mencicipi risotto? Makanan luar negeri ini sering disajikan di restoran dan memiliki penggemar yang cukup banyak. Tekstur risottonya sendiri mirip dengan tepung jagung.  Nah, ternyata sorgum juga bisa diolah menjadi risotto. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain untuk membuat rasa risotto sorgum semakin nikmat.

5.  Waffle Sorgum

Makanan lain yang bisa dibuat dari sorgum adalah waffle. Makanan ini merupakan kue khas luar negeri yang biasa disantap dengan rasa yang manis dan dibalut dengan berbagai macam isian. Waffle mempunyai banyak penggemar di Indonesia, makanan modern ini bisa dipadukan dengan berbagai rasa dan topping. Jadi kamu bisa memanfaatkan sorgum sebagai pengganti tepung saat membuat waffle. Biar makin nikmat rasanya, jangan lupa tambahkan sirup madu, es krim, coklat dan masih banyak bahan tambahan lainnya!

Baca juga: Mengenal Produksi Sorgum dan Beberapa Faktor Pengaruhnya

Selain makanan di atas, kamu bisa mengolah sorgum untuk banyak makanan lainnya. Misalnya saja pembuatan brownies sorgum, keripik tempe sorgum, stik sorgum dan masih banyak lagi.  Yuk, jadikan peluang bisnis sorgum ini sebagai peluang bisnis masa depan! Meski pesaingnya masih sedikit lho.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp