Cuan Deras Dengan 5 Ide Bisnis Olahan Temulawak

By. Eka Sari - 01 Nov 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza, adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Berbagai peluang usaha bisa terkait dengan temulawak, terutama dalam industri kesehatan, makanan, dan minuman. Beberapa ide bisnis yang dapat dijelajahi terkait temulawak meliputi:

Baca juga: Tambah Pundi Rupiah Dengan 7 Ide Bisnis Olahan Kunyit

1. Produk Kesehatan dan Suplemen

Menggunakan temulawak sebagai bahan baku untuk membuat suplemen kesehatan atau produk kesehatan lainnya seperti kapsul, ekstrak, teh, atau minuman kesehatan. Karena temulawak dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, ini bisa menjadi produk yang diminati oleh konsumen yang peduli dengan kesehatan.

2. Minuman Kesehatan

Minuman kesehatan dengan kandungan temulawak bisa menjadi tren. Kamu dapat menciptakan minuman herbal atau jus sehat yang mengandung temulawak, baik dalam bentuk kemasan siap minum maupun bubuk instan atau juga bisa diolah dengan cara merebus temulawak, menambahkan gula atau madu, dan memberikan sentuhan rempah-rempah lainnya seperti jahe atau kayu manis. Minuman ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan dapat menjadi alternatif yang menarik bagi konsumen yang ingin mengurangi konsumsi minuman bersoda.

3.Tepung Temulawak

Baca juga: Untung Banyak dengan Budidaya Kunyit

Tepung temulawak dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kue, roti, atau makanan ringan lainnya. Tepung temulawak ini dapat diolah sendiri atau dibeli dari produsen tepung temulawak yang sudah ada. Peluang usaha ini dapat menarik bagi konsumen yang ingin menikmati manfaat temulawak dalam bentuk makanan yang lebih praktis.

4. Es Krim Temulawak

Es krim temulawak adalah alternatif yang menarik bagi konsumen yang ingin menikmati manfaat temulawak dalam bentuk makanan penutup yang segar. Peluang usaha ini dapat menarik bagi pemilik usaha es krim yang ingin menawarkan varian rasa yang unik dan berbeda.

5. Produk Perawatan Kulit Temulawak

Temulawak dapat digunakan dalam produk perawatan kulit karena sifatnya yang diketahui membantu memerangi jerawat dan mencerahkan kulit. Produk seperti sabun, krim, atau masker wajah bisa menjadi peluang bisnis yang menarik. Peluang usaha ini dapat menarik bagi pemilik usaha kosmetik atau perawatan kulit yang ingin menawarkan produk yang alami dan memiliki manfaat kesehatan.

Baca juga: Temulawak: 5 Khasiat Untuk Kesehatan

Dalam memulai usaha olahan temulawak, penting untuk memahami selera rasa yang sudah diterima masyarakat secara umum, menyesuaikan rasa dan varian produk dengan sasaran konsumen, dan memberikan nilai tambah pada produk. Tantangan yang umum dijumpai adalah terkait pemahaman pengusaha pada metode yang digunakan dalam pengolahan rempah, seperti prinsip pasteurisasi, prinsip sterilisasi, atau prinsip pengeringan yang benar.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp