Untung Besar Dengan 6 Ide Bisnis Dari Olahan Jahe

By. Eka Sari - 01 Nov 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat - Siapa sih yang tidak kenal dengan jahe? Jahe merupakan bagian dari rempah-rempah yang memiliki rasa dominan pedas. Selain digunakan sebagai bumbu memasak, ternyata jahe juga bisa diolah menjadi aneka produk makanan dan minuman yang lezat seperti berikut ini. Dan kalau mau, kamu pun bisa menjadikannya sebagai ide untuk usaha, lho.

Baca juga: Cuan Deras Dengan 5 Ide Bisnis Olahan Temulawak

Usaha olahan jahe bisa menjadi peluang yang menarik karena jahe memiliki beragam manfaat dan penggunaan yang luas dalam industri makanan, minuman, serta produk kesehatan. Beberapa ide usaha olahan jahe yang bisa dijelajahi antara lain:

1. Jus Jahe

Tidak hanya buah-buahan saja yang bisa dijadikan jus, jahe juga bisa digunakan. Namun gula merah dan air harus ditambahkan sebelum diminum. Selain itu, sari jahe juga sering digunakan untuk membumbui daging, ikan, salad, dan sup.  Jika dikonsumsi secara rutin, jus jahe memberikan banyak manfaat bagi tubuh, seperti mencegah kanker, mengobati jerawat, menurunkan kolesterol, mengurangi sakit gigi, melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah diabetes, dan memperlambat penyakit Alzheimer. 

2. Sirup Jahe

Selain dijadikan jus, jahe juga bisa diolah menjadi sirup. Sirup jahe terbuat dari jahe segar yang direbus dengan gula pasir sehingga menghasilkan rasa manis hingga 65%. Sirup jahe sering digunakan sebagai selai pada roti atau kue dan sebagai bahan tambahan pada minuman ringan.

3. Manisan Jahe

Manisan jahe, dicincang atau dipotong kecil-kecil, dibuat dari campuran jahe dan sirup jagung. Manisan jahe kemudian dilumuri gula untuk menambah rasa manis. Manisan jahe ada yang berwarna emas dan ada pula yang berwarna merah. Manisan jahe biasanya dijadikan isian atau bisa dimakan langsung. 

Baca juga: Mengintip 10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

4. Bolu Jahe

Tidak hanya manisan yang bisa dipadukan dengan jahe, tapi juga cocok dengan kue bolu. Rasa jahe yang hangat dan pedas cocok dipadukan dengan kue. Meski tidak dijual di banyak industri, namun ide yang diusung cukup unik di mata konsumen.  Pembuatan kue jahe hampir sama dengan pembuatan kue gula pada umumnya. kamu hanya perlu menambahkan ekstrak jahe ke dalam adonan sebelum dibentuk.

5. Lemon Madu Jahe

Madu merupakan salah satu bahan makanan yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kombinasi lemon, jahe dan madu menjamin nutrisi maksimal dan meningkatkan kesehatan tubuh manusia.

Olahan jahe madu dan lemon ini menjadikan minuman dengan cita rasa yang unik. Beberapa pedagang telah menunjukkan bahwa lemon-madu-jahe merupakan olahan yang cukup populer. Ditambah lagi, membuat minuman lemon-madu-jahe cukup mudah asalkan bahan-bahannya dicampurkan. Hal yang harus diperhatikan adalah membuat resep terbaik dengan kombinasi lemon, madu dan jahe yang sesuai dengan lidah konsumen. 

6. Acar Jahe

Acar jahe bisa dikatakan merupakan produk olahan yang memungkinkan kita untuk mengkonsumsi jahe segar secara langsung. Acar jahe sangat terkenal di Jepang dan negara Timur Tengah lainnya. Jahe yang digunakan untuk membuat acar adalah jahe badak yang harus dipanen pada umur 3-4 bulan. Hal ini dilakukan karena jahe saat ini tidak memiliki banyak serat dan rasanya tidak terlalu pedas. 

Baca juga: Tambah Pundi Rupiah Dengan 7 Ide Bisnis Olahan Kunyit

Demikianlah 6 produk olahan  jahe yang selain rasanya lezat  juga sangat menyehatkan tubuh dan tentunya tidak ketinggalan dapat mempertebal isi dompetmu. Apakah kamu tertarik untuk mencoba produk olahan jahe?




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp