Tingkatkan Pemasaran Makanan Khas Daerah Dengan 8 Strategi Ini

By. Eka Sari - 02 Nov 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Pemasaran adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan agar bisnis yang kita jalankan berhasil. Seperti halnya produk makanan tradisional maupun makanan khas daerah, strategi pemasaran produk makanan khas daerah tersebut harus dilakukan dengan tepat agar sesuai dengan harapan. Strategi pemasaran makanan khas daerah dapat membantu mempromosikan dan meningkatkan popularitas makanan tersebut di tingkat lokal, nasional, atau bahkan internasional.

Baca juga: Ketahuilah 7 Cara Menghadapi Persaingan Ketat Dalam Bisnis Olahan Tahu

Secara garis besar, strategi pemasaran produk makanan khas daerah dapat dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah strategi pemasaran secara offline, dan yang kedua adalah strategi pemasaran yang dapat dilakukan secara online. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran yang dapat dipertimbangkan:

1. Menjaga Kualitas dan Citarasa Makanan

Hal ini sangat penting untuk membuat konsumen membeli produk. Jika rasa atau kualitas suatu produk berubah, konsumen kemungkinan besar akan berhenti membelinya.

2. Bergabung dengan Komunitas Daerah

Bergabunglah dengan komunitas daerah yang sesuai dengan target pasar makanan daerah. Misalnya, jika target pasar kamu adalah orang-orang di Jakarta dan sekitarnya, bergabunglah dengan komunitas wilayah Jakarta.

3. Tawarkan Diskon Untuk Acara Tertentu

Kamu dapat bekerja sama untuk menyediakan makanan khas daerah dan cantumkan stiker produk pada makanan yang kamu jual.

4. Buat Website

Membuat website sebagai sarana untuk menjangkau konsumen secara luas. Selain itu, website akan meningkatkan brand awareness, dan juga memanfaatkan pemasaran digital.

Baca juga: 9 Tantangan Bisnis Olahan Tahu, Yang Harus Kamu Tahu

5. Memanfaatkan Media Sosial

Promosi menggunakan media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, dan sebagainya. Kamu juga dapat melakukan promosi berbayar menggunakan Google Ads. Strategi ini juga sangat efektif untuk melakukan pemasaran karena Kamu dapat menentukan target pasar yang Kamu inginkan.

6. Berkolaborasi Dengan Restoran Lokal

Kerjasama dengan restoran-restoran lokal untuk memasukkan makanan khas daerah ke dalam menu mereka. Ini akan membantu makanan tersebut menjadi lebih mudah diakses oleh pelanggan.

7. Pamerkan di Acara dan Festival Makanan

Ikut serta dalam acara dan festival makanan daerah atau nasional untuk memperkenalkan makanan kamu kepada lebih banyak orang. Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk mengadakan sesi uji coba gratis.

8. Menekankan Keunikan Produk

Menyoroti keunikan dan keistimewaan makanan khas daerah. Ceritakan asal-usul, cara pembuatan, dan bahan-bahan tradisional. Informasi ini dapat menarik minat konsumen yang ingin merasakan pengalaman kuliner lokal.

Baca juga: Punya Bisnis Olahan Tahu? Cek Strategi Pemasarannya Disini

Strategi pemasaran adalah rencana atau pendekatan yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran suatu produk atau layanan. Strategi ini melibatkan langkah-langkah yang diambil untuk mempromosikan, mendistribusikan, dan menjual produk atau layanan kepada target pasar yang tepat. Tujuan dari strategi pemasaran adalah meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, memenangkan pangsa pasar, dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp