9 Tantangan Pemasaran Bisnis Makanan Khas Daerah Yang Perlu Kamu Ketahui Jika Ingin Membuka Bisnis Kuliner Daerah

By. Eka Sari - 02 Nov 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Seiring dengan munculnya ide-ide baru dalam industri kuliner, tentunya tantangan untuk mempertahankan makanan khas daerah akan semakin besar. Sejauh yang kita ketahui, makanan lokal adalah salah satu identitas dan ciri khas suatu daerah.

Oleh sebab itu sama halnya dengan pakaian adat yang kehadirannya tetap harus diperhatikan, makanan khas daerah juga tak boleh hilang begitu saja. Namun, makanan khas daerah ini harus menghadapi banyak tantangan jika ingin bertahan di tengah arus informasi yang berkembang semakin pesat saat ini.

Baca juga: Tingkatkan Pemasaran Makanan Khas Daerah Dengan 8 Strategi Ini

Tantangan pemasaran makanan khas daerah dapat bervariasi tergantung pada kondisi dan karakteristik masing-masing daerah. Berikut adalah beberapa tantangan umum yang dihadapi dalam pemasaran makanan khas daerah:

1. Minimnya Permintaan dan Berubahnya Preferensi Konsumen, Terutama dari masyarakat milenial yang lebih tertarik pada makanan jenis fast food dan makanan non-tradisional dari barat. Berubahnya preferensi konsumen juga dapat mempengaruhi permintaan. Menyesuaikan makanan khas daerah agar tetap relevan dengan selera konsumen merupakan tantangan tersendiri.

2. Kendala Dalam Proses Produksi, seperti kelangkaan bahan dan proses produksi yang sedikit rumit.

3. Persaingan, persaingan yang ketat dengan makanan modern atau makanan dari luar yang dibawa ke Indonesia.

4. Kendala Dalam Pemasaran, termasuk persaingan dan fasilitas pemasaran yang terbatas.

Baca juga: Tips Tingkatkan Daya Tarik Makanan Daerah ke Pasaran Luar

5. Kendala Kemasan, kemasan yang cenderung kurang menarik dan cita rasa yang unik sehingga sulit diterima oleh calon konsumen.

6. Konservasi dan Kualitas, Menjaga konsistensi dan kualitas makanan khas daerah dalam skala produksi yang lebih besar bisa jadi sulit. Hal ini bisa memerlukan inovasi dalam proses produksi yang tetap mempertahankan cita rasa asli dan kualitasnya.

7. Distribusi dan Akses Pasar, Menjangkau pasar yang lebih luas mungkin memerlukan perencanaan distribusi yang baik, terutama jika produk berasal dari daerah tertentu. Infrastruktur logistik yang terbatas atau biaya distribusi tinggi bisa menjadi kendala.

8. Perizinan dan Regulasi, Makanan khas daerah mungkin menghadapi tantangan terkait perizinan, kepatuhan terhadap regulasi pangan, dan stkamur keamanan pangan yang berbeda di setiap daerah atau negara.

9. Pendanaan dan Skalabilitas, Memperluas produksi makanan khas daerah membutuhkan pendanaan yang cukup serta perencanaan bisnis yang baik untuk mengatasi tantangan finansial dan skala produksi.

Baca juga: Atasi Lonjakan Gula Derah Dengan Tips Ini

Mengatasi tantangan-tantangan ini memerlukan pemahaman yang mendalam tentang pasar dan keunikan makanan khas daerah, bersama dengan strategi pemasaran yang tepat dan inovatif.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp