10 Makanan Khas Lebaran yang Paling Banyak Ditemui

By. Ticca - 14 Apr 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Lebaran akan segera tiba. Lebaran atau Idul Fitri adalah hari raya umat Muslim yang dirayakan setelah bulan Ramadan. Lebaran biasanya diisi dengan berbagai kegiatan seperti bermaaf-maafan, berkunjung ke rumah sanak saudara, dan menikmati makanan khas Lebaran.

Baca juga: Simak 5 Jenis Sayuran Hijau yang Sebaiknya Tidak Dipanaskan Kembali

Berikut adalah 10 makanan khas Lebaran yang paling banyak ditemukan di Indonesia:

Baca juga: 8 Macam Sayuran Unik yang Kaya Manfaat

  1. Ketupat: Ketupat merupakan makanan khas Lebaran yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dikemas dalam anyaman daun kelapa atau janur kemudian direbus. Ketupat biasanya disajikan dengan opor ayam atau rendang.

  2. Rendang: Rendang juga menjadi makanan khas Lebaran yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Makanan ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu rempah yang khas. Rendang biasanya disajikan bersama nasi atau ketupat.

  3. Opor Ayam: Opor ayam merupakan masakan khas Indonesia yang terbuat dari ayam yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia dan santan. Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat atau nasi putih.

  4. Lontong Sayur: Lontong sayur juga menjadi salah satu makanan khas Lebaran yang banyak ditemukan di Indonesia. Makanan ini terbuat dari ketupat yang dipotong-potong dan kemudian disajikan dengan sayuran seperti rebung, kacang panjang, kangkung, dan tauge. Lontong sayur biasanya disajikan dengan sambal dan kerupuk.

  5. Sate: Sate adalah makanan khas Indonesia yang banyak ditemukan selama Lebaran. Makanan ini terbuat dari daging ayam, daging sapi, atau daging kambing yang dipanggang di atas bara api kemudian disajikan dengan saus kacang. Sate biasanya disajikan sebagai hidangan utama atau camilan selama Lebaran.

  6. Kue Kering: Kue kering menjadi camilan khas Lebaran yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Ada banyak jenis kue kering yang biasanya disajikan seperti nastar, kastengel, putri salju, dan lidah kucing.

  7. Soto: Soto juga menjadi masakan khas Lebaran yang banyak ditemukan di Indonesia. Makanan ini terbuat dari kaldu ayam atau daging yang dimasak dengan rempah-rempah dan sayuran seperti kentang, wortel, dan taoge. Soto biasanya disajikan dengan nasi putih dan kerupuk.

  8. Bakso: Bakso juga menjadi salah satu makanan khas Lebaran yang banyak ditemukan di Indonesia. Makanan ini terbuat dari bola daging yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dicampur dengan tepung tapioka dan rempah-rempah. Bakso biasanya disajikan dengan mie dan kuah kaldu.

  9. Emping: Emping adalah camilan khas Indonesia yang terbuat dari biji melinjo yang diolah dengan cara digoreng. Emping biasanya disajikan sebagai camilan selama Lebaran.

  10. Kerupuk: Kerupuk juga menjadi camilan khas Lebaran yang banyak ditemukan di Indonesia. Ada banyak jenis kerupuk yang bisa ditemukan seperti kerupuk udang, kerupuk ikan, atau kerupuk emping. Kerupuk biasanya disajikan sebagai camilan atau pelengkap.

Baca juga: Kenali 5 Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp