Cara Memilih Ikan Segar Di Pasar

By. Nevanda - 12 Jul 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.comIkan merupakan salah satu jenis makanan yang mudah membusuk jika tidak langsung diolah dan cara menyimpannya pun tidak benar. Apabila jarak rumah dan pasar ikan jauh, sebaiknya saat akan membeli ikan kita juga mempunyai wadah khusus untuk membawa ikan dari tempat belanja menuju rumah. Tempat penyimpanan ikan dapat berupa kotak es ataupun termos yang dapat diisi es untuk menjaga kesegaran ikan. Apabila jarak rumah dengan pasar ikan dekat, maka segera taruh ikan di kulkas atau freezer setelah membelinya. Saat akan membeli ikan di pasar tradisional maupun di supermarket, usahakan untuk selalu mengecek kesegaran ikan yang akan kita beli.

 

Baca juga: Coba Ini! Resep Sotong Saus Tiram yang Menggoda Selera


Berikut beberapa poin yang dapat kalian perhatikan apabila sedang memilih ikan laut,

 

  • Bau ikan, ikan laut segar akan memiliki bau seperti bau laut yang khas. Pastikan baunya tidak terlalu menyengat. Bau yang terlalu menyengat atau bau amis yang menggangu menandakan bahwa ikan tersebut tidak lagi segar.
  • Saat daging ikan ditekan dengan jari secara perlahan, daging akan kembali kebentuk semula dan terasa keras. Jika daging ikan tidak Kembali kebentuk semula setelah ditekan atau terasa lembek maka sangat disarankan tidak memilih ikan tersebut.
  • Mata ikan yang segar akan terlihat jernih dan cerah, kalian dapat dengan jelas melihat pupil mata ikan tersebut. Apabila mata ikan terlihat sudah buram maka dapat dipastikan ikan tersebut sudah lama.
  • Ikan yang segar memiliki sisik dan kulit yang masih menempel kuat pada tubuhnya. Jika sisik sudah mudah terlepas dan ikan mengeluarkan lendir berlebihan itu menandakan bahwa ikan sudah mulai membusuk
  • Insang ikan segar jika dilihat akan memiliki warna merah atau pink cerah. Insang yang sudah berwarna putih atau pucat menandakan ikan tersebut sudah tidak lagi segar.

 

Baca juga: Coba Resep Ini untuk Membuat Sushi Salmon

 

Ikan akan terasa lebih enak jika langsung dimasak setelah kita membelinya. Namun apabila belum ingin langsung dimasak, kalian juga dapat menyimpan ikan tersebut di kulkas atau freezer. Setelah memilih ikan, cara penyimpanan juga harus diperhatikan agar kesegaran ikan dapat bertahan lebih lama. Ikan yang hanya disimpan di kulkas memiliki waktu penyimpanan terbaik hanya 1-2 hari setelah ikan dibeli. Jika kalian masih belum memiliki waktu untuk memasak ikannya, kalian dapat menyimpannya pada freezer karena ikan dapat tetap segar lebih lama. Sebelum dimasukan kedalam penyimpanan seperti kulkas atau freezer ada baiknya ikan yang telah dibeli kita bersihkan dulu. Ikan yang sudah dibersihkan akan membantu menjaga kesegaran dan rasa ikan.

 

Baca juga: Gunakan 4 Teknik Memasak Ini Agar Seafood Tetap Sehat




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp