5 Manfaat Mesin Filling dalam Industri Makanan

By. Bagus - 24 Jul 2023

Bagikan:
img

minumanrasa.com - Bisnis makanan melibatkan beberapa aspek dalam operasionalnya, termasuk distribusi. Untuk memberikan produk yang berkualitas dengan akses mudah dan aman dalam jangka waktu tertentu, Anda perlu melakukan pengemasan produk ke dalam berbagai wadah. Mesin filling adalah alat yang dapat membantu Anda untuk melakukan pengemasan tersebut.

Baca juga: 3 Keunggulan Rawai sebagai Alat Penangkap Ikan

Mesin filling atau biasa disebut mesin kemas adalah sebuah mesin yang digunakan untuk mengisi produk atau bahan ke dalam kemasan. Beberapa jenis kemasan yang biasanya membutuhkan mesin ini misalnya botol, kaleng dan sachet.

Mesin filling umumnya digunakan dalam industri makanan dan minuman, kosmetik, farmasi, dan industri lainnya yang membutuhkan proses pengisian yang akurat dan efisien. Kemudian guna menyesuaikan kebutuhan industri, mesin filling terdiri dari berbagai jenis seperti mesin cairan, bubuk, granul, pasta dan lain sebagainya. Masing-masing jenisnya dapat disesuaikan dengan jenis produk yang akan diisi dan spesifikasi kemasan yang digunakan.

Berikut akan kita bahas mengenai manfaat mesin filling agar Anda bisa menentukan jenis mesin yang akan dibeli, secara maksimal sesuai dengan bisnis Anda.

1 . Mengisi Produk dengan Presisi dan Kecepatan Tinggi

Baca juga: Ancaman yang di Timbulkan Teritip saat Menempel pada Kapal

Fungsi utama dari mesin filling yang paling dibutuhkan adalah mampu mengisi produk dengan presisi dan kecepatan tinggi.

Pengaturan dalam mesin ini memungkinkan untuk pengisian produk dengan hasil takaran yang sama, secara berulang-berulang dalam waktu cepat. Fungsi ini tentunya membantu Anda mendapatkan hasil pengemasan yang akurat dibandingkan dengan melakukannya secara manual.

2. Meminimalisir Kesalahan Pengisian

Mesin ini dapat meminimalisir kesalahan pengisian produk. Apabila menggunakan cara manual, potensi human error yang mengakibatkan takaran tidak sama pun bisa saja terjadi. Dengan mesin filling, pengaturan yang tepat dan performa alat yang tinggi dapat membuat potensi kesalahan pengisian tersebut semakin minim.

3. Membuat Proses Produksi Jadi Lebih Efisien

Mesin bisa membuat proses produksi menjadi lebih efisien. Kehadiran alat ini dapat meminimalisir keterlibatan manusia dan membuat proses produksi menjadi lebih praktis serta sesuai dengan perencanaan. Minimnya pembuangan produk akibat kegagalan pengemasan, berdampak pada efisiensi produksi.

4. Meningkatkan Efisiensi Penggunaan Bahan Baku

Mesin filling juga dapat sekaligus meningkatkan efisiensi penggunaan bahan baku. Hal ini dikarenakan pengemasan yang tertata, presisi tepat dan minim error sehingga tidak ada peristiwa pembuangan produk. Bahan baku dapat disediakan sesuai dengan kebutuhan dan juga output, sehingga jarang memerlukan stok cadangan atau menambah penggunaan bahan baku diluar perencanaan.

5. Menekan Biaya Produksi

Mesin bisa menekan biaya produksi. Tidak memerlukan banyak keterlibatan manusia, pengemasan dengan presisi dan kecepatan tinggi, pengoptimalan bahan baku utama memberikan dampak baik dalam hal pembiayaan. Dengan menekan biaya produksi, maka potensi peningkatan keuntungan bisnis pun semakin besar.

Baca juga: Handphonemu Cepat Rusak? Ikuti Tips Merawat Handphone Berikut Ini!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp